POSISI-POSISI PEMAIN DALAM PERMAINAN BASKET

PENJELASAN SINGKAT POSISI DI DALAM BASKET : 

Di dalam basket dikenal 5 posisi pemain di lapangan, dan masing-masing memiliki peran tersendiri dan pastinya saling melengkapi antar lini : 


Yuk, kita bahas satu persatu. Enjoy!

1. Point Guard ( PG ) ( Posisi 1)


Kyrie Irving ; image : nba.com

   Ia yang mengemban tanggung jawab menempati posisi Point Guard biasanya memiliki ball handling atau kemampuan dribble paling baik di dalam suatu tim. Ia juga yang akan menjadi pemain yang akan mengimplementasikan atau menjalankan segala strategi yang diinstruksikan oleh pelatih di lapangan. Menjaga tempo permainan, kapan harus menyerang dan kapan harus menahan serangan. Ada beberapa tipe Point Guard, nah nanti kita jelaskan ya di postingan-postingan selanjutnya ya :p

2. Shooting Guard ( SG ) ( Posisi 2 )


Klay Thompson ; image : SBNation

    Ia yang dipercayakan untuk menempati posisi Shooting Guard biasanya dijuluki "Si Penembak Jitu" oleh rekan setimnya atau bahkan lawan-lawannya. Seorang Shooting Guard biasanya memiliki kemampuan shooting dengan persentase paling tinggi diantara rekan-rekan setimnya dan tak jarang "Si Penembak Jitu" ini dapat mencetak angka di saat-saat genting. Untuk kondisi tertentu, seorang Shooting Guard terkadang bisa diplot untuk menjadi seorang Point Guard oleh Coach, ini semua kembali disesuaikan dengan strategi yang ingin dijalankan oleh Coach itu sendiri.

3. Small Forward ( SF ) ( Posisi 3 )

 
Lebron James ; image : cleveland.com

    Nah, setelah dua posisi Guard diatas, kita lanjutkan dengan  ke posisi Forward. Kali ini Small Forward. Posisi Small Forward ini biasanya diisi oleh pemain dengan kemampuan yang "netral" atau all-around player. Pemain yang mengisi posisi ini biasanya pemain yang memiliki kemampuan shooting lumayan baik, namun tidak sebaik Shooting Guard, serta mampu bermain inside play , namun tidak sebaik seorang Center di tim tersebut. Terkadang, seorang Small Forward dalam keadaan tertentu bisa dimainkan sebagai seorang Power Forward, Center atau Shooting Guard. Kembali lagi ke kebutuhan tim untuk game tersebut. Bahkan, terkadang Small Forward , misalnya Kevin Durant, ia memiliki kemampuan menembak yang baik layaknya seorang Shooting Guard. 

4. Power Forward (PF) (Posisi 4)

 
Blake Griffin ; image : youtube.com

    Fans NBA pasti tau dong ya sama doi yang ada di foto diatas. Yak, Griffin merupakan salah satu ikon Power Forward yang eksplosif di NBA beberapa tahun belakangan ini. Gaya mainnya yang powerfull dan sadis, menjadi daya tarik sendiri saat menonton Griffin main, yang kasihan itu ya pemain lawan yang harus ngejaga dia selama 48 menit pertandingan hahaha. Oke balik ke pembahasan posisi Power Forward. Power Forward tugasnya sih sebenarnya hampir sama seperti Center, memiliki kemampuan untuk bermain inside play. seorang rebounder ulung, mid-range shooting yang baik dan bahkan ada yang bisa melakukan tembakan 3 angka, yang terkenal di era NBA saat ini mampu untuk melakukan tembakan 3 angka seperti Kevin Love dan Dirk Nowitzki.

5. Center ( C ) ( Posisi 5 )

Dwight Howard ; image : GQ.com


    Posisi Center sendiri biasanya diisi oleh pemain dengan tinggi badan yang menjulang, postur badan yang besar  serta didukung oleh kekuatan badan yang digunakan untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan. Center biasanya akan menjadi "penguasa" di area sekitar ring atau biasa disebut paint area dan mampu mencetak poin dari jarak dekat. Biasanya Center ini juga memiliki peran untuk melakukan screen bagi pemain-pemain kecil (Small Player ; PG dan SG) untuk lolos dari penjagaan defender-nya. 

Nah, gimana guys penjelasannya mengenai posisi-posisi pemain diatas?

Untuk pertanyaan dan masukan boleh masukin ke kolom komentar dibawah ya!

Tunggu postingan selanjutnya yang pastinya bakalan lebih keren lagi.
POSISI-POSISI PEMAIN DALAM PERMAINAN BASKET POSISI-POSISI PEMAIN DALAM PERMAINAN BASKET Reviewed by BERITA ANAK BASKET on 18:21 Rating: 5
Powered by Blogger.